Tulisan softskill bab 2 (kekayaan alam dan kemakmuran indonesia)

06/03/2011 20:54

Kekayaan Alam & Kemakmuran Indonesia

 

Indonesia..
Adalah Negara kepulauan di Asia Tenggara yang yang memiliki 17.504 pulau besar dan kecil. Indonesia terletak pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BB - 141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.

Indonesia merupakan Negara yamg berkembang namun Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah karena Indonesia memeliki cuaca tropis dan Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km².

 

Selain daratan dengan tanah yang sangat subur , Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan wilayah perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai dunia. Wilayah perairan Indonesia 6.1 juta km2 merupakan 77% dario seluruh luas negara Indonesia, dengan kata lain luas laut indonesia adalah tiga kali luas daratannya. Hal ini menunjukan bahwa Indonesia juga memiliki kekayaan alam dari bawah lautnya.

 

 

Memiliki terumbu karang yang indah dan ikan-ikan yang sangat inadah dan menarik.

 

Dalam sektor perhutanan, Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood) yaitu sekitar 80% di pasar dunia. Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia, karena tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan oleh air laut atau abrasi.

 

Indonesia juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna, seperti berbagai macam jenis anggrek yang yang tumbuh di hutan indonesia termasuk anggrek hitam yang langka dan hanya terdapat di papua. Indonesia memiliki bioversity anggrek terbesar di dunia yaitu sekitar 6ribu jenis

Sumber daya alam lain yang di miliki negara Indonesia adalah minyak tanah, kayu, gas alam, kuningan, timah, bauksit, tembaga, batu bara, emas dan perak. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia), juga produsen timah terbesar kedua di dunia.

Kemakmuran Indonesia tercipta dari sumber daya alam dan energi yang melimpah. manfaatkanlah sumber daya alam yang ada di negeri Indonesia karena Indonesia meripakan Negara yang sangat kaya akan sumber daya alam dan Indonesia meupakan Negara yang sangat indah dan menarik untuk kita jaga.

 

 

—————

Back