sumber daya manusia

03/04/2011 05:44

Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

 

Perbandingan kualitas sumber daya manusia (KSDM) dapat ditinjau dari

segi tingkat kesejahteraan hidup masyarakatnya dan dapat di ukur dari pendapatan perkapita Negara.

 

Kualias sumber daya manusia hasil dari regenerasi yang diwarikan secara turun temurun dan di pengaruhi oleh faktor- faktor genetic, tetapi terdapat juga faktor lingungan, lingkungan geografis maupun lingkungan budaya.

 

Indonesia merupakan Negara Kepulauan, negara yang juga memilki jumlah penduduk lebih kurang 200juta, dengan tingkat pertumbuhan penduduk tiap tahunnya lebih kurang 1,2% pertahun.

 

Indonesia memiliki kekayaan alam yang namun

Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh Negara bukan faktor penentu yang menjadi Negara kaya dan maju. Dengan memanfaatkan ilmu pegetahuan dan teknologi bisa menjadi faktor penentu Negara menjadi maju. Misalnya saja kita bangsa Indonesia memiliki kekayaan sunber daya alam yang melimpah tetapi kita tidak bias mengelolanya, kita hanya tergantung kepada ahli yang didatangkan dari luar.

 

Bangsa Indonesia sebenarnya memiliki anak-anak yang cerdas dan kreatif. Misalnya saja banyak anak negri yang sudah memenangkan olimpiade ditingkat dunia, Namun sayangnya pemerintah kurang memperhatikan dan menyediakan fasilitas untuk mengembangkan bakat anak. Tetapi ada kendala lain SDM kita yang berprestasi banyak untuk tinggal diluar negeri karna mereka bekerja untuk Negara tersebut.

 

kualitas sumber daya manusia adalah sesuatu yang diwariskan secara turun temurun. Tetapi bukan secara turun temurun saja, kita pun harus bekerja keras, ulet, tidak kenal lelah, dan tidak putus asa agar menjadi SDM yang berkualitas.

 

 

 

 

VIRA AQMARINA SABILA

—————

Back