Mengenal Dan Memahami Dengan menggunakan Analisis SWOT dan arti sukses

05/01/2011 17:37

 

PENGANTAR

 

 

Analisis SWOT pertama kali si cetuskan oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an. Analis SWOT merupakan singkatan yaitu           S:   Strengths (kekuatan)

                                      W:  weaknesses (kelemahan)

                                      O:  opportunities(kesempatan)

                                      T:  threats (ancaman)

 

 

 

 

Analisis SWOT bisa kita terapkan untuk mengevaluasi diri sendiri. Dalam analisis SWOT terdapat 2 faktor yaitu factor internel dan factor eksternal.

 

 

 

 


Evaluasi Diri Sendiri Dengan Mengenal Dan Memahami Dengan menggunakan Analisis SWOT

      


 

Mengenali diri sendiri, memang merupakan hal yang cukup sulit karena biasanya yang dapat melihat diri kita adalah orang lain. Tetapi, kita dapat belajar untuk bisa memahami dan mengenali diri sendiri. Memang tidak semua orang mampu mengenali diri sendiri dan memahami maksud dan apa sebeneranya tujuan dari kita memahami dan mengenal diri. Maanfaat yang diterima setelah memahami diri sendiri adalah dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. disini saya akan menguraikan siapa diri saya, bagaimana pribadi saya.

SIAPA SAYA?

          Saya bernama Vira Aqmarina Sabila, Teman-teman biasa memanggil saya Vira. Saya putri pertama dari 2 bersaudara. . Saya bertempat tinggal di bogor dengan ke  2 oarang tua dan adik saya. Saya seorang mahasiswi Universitas Gunadarma, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi.

          Cita-cita saya sebenarnya adalah menjadi seorang dokter sama seperti ibu saya, Tetapi saya ingin mencoba hal-hal baru oleh karena itu saya memilih jurusan akuntansi dan cita- cita saya sekarang adalah menjadi bekerja di sebuah bank milik negara salah satunya ( Bank Indonesia), menjadi salah satu pegawai dari  instansi tersebut. Jadi saya akan terus bermimpi untuk mencapai cita-cita tersebut dengan berusaha dan bekerja keras.

Keep your heart open to dreams. For as long as there’s a dream, there is hope, and as long as there is hope, there is joy in living.

Bukalah hatimu untuk bermimpi. Selama ada impian,  harapan akan selalu ada. Dan selama ada harapan, akan ada kegembiraan dalam  hidup

Anonymous

Selama ini saya selalu belajar untuk mengenali apa kekuatan dan kelemahan yang ada pada pribadi saya.

Saat ini Kelebihan saya :

Saya mempunyai pribadi yang hangat hingga dapat mempunyai teman-teman yang baik dan bisa menjadi tempat berbagi untuk teman dan sanak keluarga.  Dan saya mempunyai keahlian berinteraksi dengan orang yang cukup baik.

 

Adapun kelemahan saya adalah:

kelemahan saya senang menunda-nuda waktu. Saya sadari ini tidak baik, namun saat ini saya sedang belajar untuk menjadi sosok yang displin waktu dan belajar agar kelemahan saya nantinya bias menjadi kelebihi saya.

 

setelah saya mengetahui dimana kekuatan dan kelemahan saya, saya akan menguraikan ada beberapa peluang atau kesempatan:

 

Saya  dapat berkomunikasi dengan orang yang cukup baik sehingga saya dapat mempunyai kesempatan mempunyai jaringan teman yang cukup luas dan ndapat menambah pengalaman dan belajar dengan berbagai jenis sifat manusia.

 

 

Adapun ancaman yang saya peroleh:

 

 Nantinya dapat mempunyai saingan yang banyak untuk memperoleh pekerjaan karena terbatasnya lapangan kerja yang tersedia.

Demikianlah sekilas tentang diri saya.. Saya pun masih terus belajar mengenali dan memahami siapa diri saya ini. Raih cita-cita kita dengan jalan mengenal diri kita sendiri. Jadi ingat lah:

Kemajuan tidak diciptakan oleh keahlian, tetapi kemauan.

F.Tyger

 

Jadi teruslah berusaha untuk bisa menjadi yang tebaik dan mulai lah dengan kemauan yang kuat agar dapat menjadi seseorang yang berhasil.

 

 

 

 

ARTI SEBUAH KESUKSESAN

         Kesuksesan sering kali dipasangangkan oleh kata gagal. Perjalanan setiap orang untuk mencapai kesuksesan tidaklah sama. Ada orang mencapai kesuksesan dengan jalan yang berliku dengan penuh rintangan dan sering mengalami kegagalan. Adapun orang mencapai kesuksesan dengan mudah.

          Sukses bukan berarti mendapat uang yang banyak atau menjadi orang terkaya. Kata sukses itu cukup luas. Sukses dapat berarti menjadi orang yang sukses di keluarganya. Misalnya menjadi sosok ayah yang baik dan menjadi teladan bagi anak istrinya.

          Makna kata sukses pun bukan berarti di duniawai saja tetapi sukses di akhirat. Maksudnya, adalah  dengan menjalani ibadah dan sedekah sehingga kita dapat menjadi seorang yang sukses di dunia maupun diakhirat.

          Untuk mencapai kesuksesan tidak lah mudah biasanya orang mencapai kesuksesan dengan jatuh bangun. Kesuksesan yang akan kita gapai tentunya butuh pengorbanan yang begitu besar. Tetapi janganlah kita mudah menyerah begitu saja, disaat kita sedang menghadapi semua tantangan itu, teruslah berjuang.

Success is not the key to happiness.Happiness is the key to success.If you love what you are doing, you  will be successful

Kesuksesan bukanlah kunci kebahagiaan, tapi sebaliknya kebahagiaan adalah kunci kesuksesan.Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, Anda akan menjadi orang sukses.

Herman Cain

 

Hasrat adalah kunci bagi motivasi,  tetapi  hasrat  juga merupakan penentuan dan komitmen bagi pencarian yang tiada henti akan tujuan anda, yakni komitmen untuk unggul atau hebat, yang akan memungkinkan Anda mencapai kesuksesan yang Anda cari

 

Desire is the key  to motivation, but it’s the determination and commitment to an unrelenting pursuit of your goal “a commitment to excellence”  that will enable you to attain the success you seek

Mario Gabrielle Andretti

            Bagi saya arti sukses adalah Harapan awal atau cita-cita yang di impikan sudah tercapai dengan baik. Tetapi kegagalan pun bisa berarti kesuksesan awal karena dengan kegagalan kita dapat terus belajar untuk mencapai kesuksesan yang kita mau dengan tidak berpuas diri, makna berpuas diri bukan berarti sombong tetapi belajar dan terus belajar agar menjadi panutan bagi semua orang

          jadi definisi dari SUKSES itu sendiri relatif, oleh karena itu teruslah berusaha, berdoa dan tidak putus asa untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan.

 

 

 

 

 

 

—————

Back