II. TUGAS MATA KULIAH

15/10/2010 21:08

BISNIS MEMBUAT SARUNG BANTAL, BED COVER, SERBET, GORDYN DENGAN MEMANFAATKAN KAIN PERCA.

          Sebenarnya untuk memulai suatu usaha tidak harus menyediakan uang dengan jumlah yang besar terlebih dahulu. Bagi calon pengusaha yang tidak memiliki cukup uang untuk modal oleh karena itu kita harus melihat peluang-peluang. Misalnya dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai.

          Dijaman sekarang sudah banyak hotel-hotel atau penginapan maupun rumah tangga yang membutuhkan sarung bantal, bed cover, serbet, gordyn dll yang unik dan bernilai seni tinggi agar dapat mempercantik rumah , hotel-hotel atau penginapan.

          Menurut orang kain perca tidak dapat digunakan lagi bahkan kain perca dianggap sampah. Tetapi kain perca dapat disulap  menjadi barang-barang yang unik dan bernilai seni tinggi.

Bisnis ini tergolong bisnis dengan modal yang sangat murah, sementara pendapatan besar .bahan yang dicari pun  sangat mudah di dapatkan karena bahan bakunya adalah kain-kain bekas atau potongan-potongan sisa bahan konveksi atau para penjahit. Dalam bisnis ini kita dibutuhkan ide dan kreativitas yang tinggi dalam membuat desain.

Dengan memanfaatkan kain perca kita dapat membuat barang-barang misalnya sarung bantal/guling, bed cover, serbet, gordyn, pentup dispenser/tv/toples/tlp,bingkai foto yang dihiasi kain perca. Barang-barang yang menggunakan kain percaakan terlihat unik, dan menarik karena bahan dan corak yang digunakan tidak akan sama.

Memulai usaha ini kita dapat menggunakan rumah untuk menjadi basis bisnis ini untuk mengurangi pengeluaran. Kemudian kita mencari pegawai dan penjahit, sebaiknya dalam memilih pegawai harus selektif dan menyeleksi pegawai tersebut agar kita dapat memeriksa kualitas dan kerapihan jahitan selain itu pegawai harus mempunyai kreativitas. Desain yang digunakan pun harus unik, menarik, indah dengan jahitan yang kuat dan rapi.

Kita harus cerdik dalam memasarkan produk-produk. Berikut pemasaranya:

·        Menyebarkan brosur,

·        Dengan menggunakan website,

·        Dapat berkerja sama dengan hotel-hotel, villa atau tempat penginapan agar menggunakan produk kita.

·        Untuk mendongkrak penjualan, ajang pameran biasanya banyak di ikuti oleh handcraft

·        Bisa memanfaatkan facebook sebagai media promosi, berpromosi lewat facebook kita harus memperbanyak teman agar semakin besar efek yang ditimbulkan. Dalam pemasaran menggunakan facebook dapat menguplod gambar sarungbantal/guling, bed cover,gordyn dll dengan memberi keterangan produk dan harga.

 

Kunci suksesnya yaitu dengan desain yang unik, kualitas, jahitan yang rapi dan kuat. Dengan melihat tren-tren desain jaman sekarang agar memnjadi referensi kita dalam membuat desain tersebut. Kelebihan bisnis ini pun terdapat pada kain perca dengan berbagai potongan kain yang tersedia dengan jenis bermacam-macam tentu berlainan tidak akan sama. Hal ini membuat konsumen lebih puas dengan ke unikan tersebut.

—————

Back