TUGAS KULIAH II AGAIN

15/10/2010 21:09

CUCI MOBIL ATAU SEPEDA MOTOR

Mencuci sepeda motor atau mobil bagi sebagian orang cukup membosankan. Selain itu mencuci sendiri, bisa jadi tidak bersih karena ada bagian atau tempat yang tidak terjangkau bila di cuci oleh kita. Hal ini menjadi kesempatan kita untuk menawarkan jasa mencuci sepeda motor atau mobil.  Terus bertambahnya pengendara mobil tiap tahunnya selalu menigkat 10-20% akan memberi peluang besar bagi usaha tempat cuci mobil. Selain itu cuci sepeda motor atau mobil juga merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan bila dikelola dengan baik. Bisnis ini pun tidak mengenal waktu dan musim. Meski banyak yang mengatakan bahwa pada musim hujan omset akan turun, namun seiring berkembangnya pengetahuan pentingnya mencuci mobil setelah hujan. Maka usaha sepeda motor atau mobil ini semakin dibutuhkan.

Dengan memulai bisnis ini kita membutuhkan tempat untuk beberapa mobil atau motor. Juga harus dipersiapkan peralatan-peralatan yang mendukung seperti kompresor, shampo mobil, kain lap, tempat mencuci mobil atau motor dll. Untuk pegawainya kita harus mencari dengan selektif misalnya mencari pegawai yang rajin bekerja, berpengalaman, tidak malas dan jujur.

Semakin diminatinya usaha cuci mobil atau motor ini tentu memunculkan persaingan untuk itu kita harus lebih unggul agar tak kalah saing. Lokasi juga sangat berpengaruh dalam usaha ini misalnya mencari lokasi yang strategis contohnya di sepanjang jalan menuju komplek yang elit dengan memilih jalur yang banyak dilintasi oleh mobil-mobil pribadi atau arah komplek perumahan, didekat perkantoran, dan di daerah pinggiran kota.

Usaha cuci mobil atau sepeda motor ini harus memiliki perbedaan dengan yang lainnya karena kita akan menghadapi pelanggan yang tidak loyal untuk itu kita harus mendapat pelanggan yang setia agar mendapatkan pelanggan yang setia kita harus mendapatkan perbedaan itu.  Misalnya cuci mobil cepat, snow wash(cuci salju), cuci ice cream (busa sabun berwarna-warni) atau usaha cuci mobil ini dapat digabungkan dengan perawatan mobil lainnya contohnya  perawatan mobil seperti body care, interior care dll.

Pemasaran, banyak cara yang dilakukan untuk memasarkan misalnya dengan:

·        menyebarkan brosur,

·        membuat website,

·        memberikan promosi dari mulut kemulut,

·        dengan memanfaatkan pameran-pameran,

·        memberikan paket promo,

·        memberikan bonus dengan setelah 5 kali cuci , akan mendapat gratis sekali cuci.

Kunci sukses, Kualitas hasil cucian menjadi pertimbangan bagi para pelanggan. Misalnya dengan mutu dan kualitas shampoo, shampoo membuat mobil menjadi lebih glossy karena shampo mengandung wax dan mobil akan lebih terlihat mengkilap sehabis dicuci. Maka pelanggan akan lebih puas dan terus menggunakan jasa kita.

 

—————

Back