Tulisan ke2 pengantar bisnis (pertemuan ke 4)

21/12/2010 11:47

Manajemen Belajar Diperguruan Tinggi

 

          Belajar diperguruan tinggi jauh berbeda dengan SMA karena diperguruan tinggi kita dituntut menjadi seseorang yang mandiri. Belajar adalah hak bagi setiap orang, akan tetapi belajar diperguruan tinggi ini merupakan pilihan untuk mencapai tujuan kita kedepannya. Tidak semua orang mendapat kesempatan belajar diperguruan tinggi karena hanya orang-orang yang memenuhi syaratlah yang berhak belajar diperguruan tinggi.

 

          Mahasiswa dituntut mempunyai kerangka berpikir yang dewasa serta sikap mental dan mempunyai keterampilan-keterampilan sehingga kita bisa menghadapi masalah-masalah dalam dunia nyata.

 

          Sebagai mahasiswa kita harus menghargai waktu karena waktu sangat berguna. Mahasiswa pun harus mengatur jadwal dan tata belajar. Pergunakan waktu dengan baik dan efektif misalnya kita mencari referensi buku untuk memperluas wawasan secara akademik maupun non akademik, mempelajari mata kuliah yang belum dimengerti.

 

          Belajarlah memanage sejak sekarang dan menyikapi bahwa betapa pentingnya mengatur segala sesuatu tentang diri kita.

 

 

 

Menjadi Mahasiswa Plus

 

          Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa, sebagai mahasiswa kita harus memiliki integritas yang tinggi, budi pekerti, kejujuran dan mahasiswa harus memiliki kekuatan softskil.  mahasiswa yang mempunyai nilai plus adalah mahasiswa yang dapat manage waktunya.

 

          Menjadi seorang mahasiswa harus mempunyai jiwa leadership. Selain itu kita pun harus mempunyai rasa percaya diri serta mampu mengambil keputusan yang tepat dan mempunyai akhlak yang baik.

 

          Ingatlah waktu adalah asset yang terpenting dimiliki manusia karena waktu tidak akan terulang kembali, maka dari itu pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya dan digunakan seefektif dan seefisien mungkin. Mahasiswa harus mampu membagi waktu untuk belajar, menyelesaikan tugas kuliah dengan tepat waktu, persiapan kuis dan ujian.

         

          Selain itu kita menjadi mahasiswa yang aktif dan mempunyai nilai plus. Misalnya menjadi asisten dosen, asisten lab dan mengikuti UKM-UKM yang telah disediakan kampus.

 

          Menjadi mahasiswa plus harus mampu menjadi seseorang yang disiplin dan menjaga prilaku serta mampu managemen diri sendiri.

 

 

Indonesia Negara Bencana

 

          Indonesia adalah Negara yang rawan bencana alam. Bencana-bencana alam yang sering terjadi dinegara pertiwi ini adalah tsunami, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, banjir, badai, kekeringan dan cuaca ekstrim.

 

          Kerugian dari bencana-bencana tersebut adalah menghasilkan korban yang besar dengan menghilangnya banyak nyawa. Selain kerugian tersebut terdapat dampak-dampak yang timbul dari bencana tersebut yaitu rusaknya infratruktur seperti listrik, transportasi, tempat tinggal dan kerugian ekonomis lainnya.

 

          Baru-baru ini bencana yang terjadi di Indonesia adalah letusan gunung (erupsi) merapi dan tsunami yang terjadi di Mentawai di tahun 2010 ini. Itu adalah cobaan dari Allah SWT kepada umatnya agar kita selalu mengingat akan kuasa Tuhan dan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Ingatlah Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya”.

 

          Bencana alam dapat juga timbul karena ulah manusia, karena itu kita harus menjaga bumi ini dengan baik dan tidak merusak alam. Adapun upaya-upaya untuk bumi kita agar dapat memulihkan alam ini. Upaya-upaya yang dilakukan bisa dimulai dari hal-hal kecil misalnya tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon secara liar dan menanami pohon-pohon agar terhindar dari bencana banjir dan bencana longsor. Jika terus menerus melakukan upaya tersebut akan mengurangi resiko yang ada untuk bumi.

 

          Mudah-mudahan bencana yang terjadi dinegara yang kita cintai ini tidak terulang kembali dan selalu berdoa agar terhindar dari bencana.

 

 

 

 

 

manajemen diri sendiri sukses mencapai cita-cita

 

            untuk mencapai cita-cita. Tidak mudah seperti membalikan  telapak tangan  karena untuk mencapainya kita membutuhkan kerja  keras, usaha, dan berdoa. Sebagai manusia kita harus mempunyai tujuan hidup agar kedepannya kita menjadi orang  yang sukses.

        Tidak mudah untuk menjalani tujuan hidup yang sudah kita jalankan sebelumnya karena kita akan banyak mendapat rintangan-rintangan.  Dengan rintangan tersebut kita harus bisa memanajemen  diri sendiri. Adapun pengertian manajemen:

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

(James A.F. Stoner )

 

 

Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

(Mary Parker Follet)

 

Manajemen diri seniri untuk mencapai cita-cita maksudnya adalah kita mampu mengurus diri kita sendiri tanpa harus merepotkan orang lain dan belajarlah displin agar kita dapat belajar mengatur waktu dam memange diri.

 

Cara memange diri yang baik adalah tidak membuang waktu dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, menata hati, displin, dan lakukan sesuatu dengan ikhlas karena dengan ke ikhlasan sesuatu yang kita kerjakan akan lebih menyenangkan dan bermakna.

Kesuksesan untuk mencapai cita-cita dapat kita raih dengan memulai dari sendiri.

 

 

—————

Back